Artikel E-Commerce Part 1

Definisi E-Commerce

Electronic commerce (EC) merupakan konsep baru yang bisa digambarkan sebagai proses jual beli barang atau jasa padan World Wide Web Internet (Shim, Qureshi, Siegel, Siegel, 2000) atau proses jual beli atau pertukaran produk, jasa dan informasi melalui jaringan informasi termasuk Internet (Turban, Lee, King, Chung, 2000). Kalakota dan Whinston (1997) mendefinisikan EC dari beberapa perespektif berikut :
  • Dari perspektif komunikasi, EC merupakan pengiriman informasi, produk/layanan, atau pembayaran melalui lini telepon, jaringan komputer atau sarana elektronik lainnya.
  • Dari perspektif proses bisnis, EC merupakan aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi dan aliran kerja perusahaan.
  • Dari perspektif layanan, EC merupakan satu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen dalam memangkas service cost ketika meningkatkan mutu barang dan kecepatan pelayanan.
  • Dari perspektif online, EC kepasitas jual beli produk dan informasi di Internet dan jasa online lainnya 

Model Bisnis

1. Metode melakukan bisnis dimana sebuah perusahaan dapat menerima pendapatan untuk menopang perusahaan itu sendiri
2. Mendeskripsikan dimana posisi perusahaan dalam value chain.
3. Model bisnis adalah komponen dari rencana bisnis atau kasus bisnis


◦Rencana Bisnis dan Kasus Bisnis
1. Rencana Bisnis
◦Sebuah dokumen yang berisi identifikasi tujuan bisnis dan rencana untuk mencapatkannya secara garis besar.

2. Kasus Bisnis
◦Dokumen yang digunakan manajer untuk mengumpulkan dana untuk aplikasi atau proyek tertentu. Tekanan utamnya adalah justifikasi untuk investasi statement


◦Struktur Model Bisnis
1. Semua Model bisnis harus menentukan model pendapatan mereka(deskripsi dari bagaimana perusahaan atau proyek EC Meraih Pendapatan

2. Sumber Pendapatan
a. Biaya Transaksi
b .Biaya Abodemen
c. Biaya Iklan
d. Biaya afiliasi
e. Penjualan
f. Model Lain

3.Keuntungan yang dimasukkan (value preposition) adalah deskripsi dari keuntungan yang didapat perusahaan dari EC


◦Bagian dalam perencanaan bisnis 

1. Konsep Bisnis
Dapat meliputi struktur bisnis, produk dan jasa yang ditawarkan.

2. Market/Pasar.
Adalah analisa konsumen potensial yang meliputi siapa konsumen dan strategi untuk memenangkan persaingan

3. Finansial
Mencakup estimasi pendapatan dan arus kas, neraca serta rasio keuangan lainnya, seperti analisis break even.


 ◦Model Bisnis Umum di EC 

1.Direct to customer, yaitu melakukan penjualan melalui hubungan yang terjalin secara langsung antara perusahaan dengan pelanggannya;

2. full-service Provider, yaitu menyediakan berbagai fasilitas dan jasa (sumber daya) yang dibutuhkan oleh perusahaan lain dalam menjalankan operasi bisnisnya;

3.Whole of Enteprise, yaitu menawarkan fasilitas satu pintu (single point of contact) kepada pelanggan yang membutuhkan pelayanan tertentu yang melibatkan banyak pihak (perusahaan);

4.Intermediaries, yaitu menjadi perantara (broker) dari berbagai jenis keperluan (berdasarkan data, informasi, segemen industri, komunitas, dsb);


◦Manfaat EC (Manfaat pada Organisasi )

1. Ekspansi peluang pasar ke level nasional dan internasional.

2. Menurunkan biaya membuat, memproses, mendistribusikan, menympan, dan mendapatkan informasi berbasis kertas.

3. Mengurangi waktu antara pembiayaan dengan penerimaan produk dan jasa

4. Mengurangi biaya telekomunikasi.

5. Mengurangi inventory dan overhead dengan memfasilitasi manajemen pull type supply chai


◦Manfaat EC (Manfaat bagi konsumen )
1. Konsumen dapat berbelanja atau melakukan transaksi lain 24 jam per hari, setiap tahun dari mana saja

2. Menyediakan lebih banyak pilihan.

3. Dapat mencari produk atau jasa dengan harga yang lebih murah, dengan cara melihat banyak toko dan melakukan perbandingan cepat.

4. Delivery produk dan jasa lebih cepat, terutama produk digital

5. Dapat menerima informasi yang relevan dan detail secara cepat

6. Punya kemungkinan untuk terlibat dalam lelang virtual

7. Dapat berinteraksi dengan konsumen lain dalam komunitas elektronik dan bertukar ide ataupun membandingkan pengalaman



◦Manfaat EC ( Manfaat bagi Masyarakat )

1. Orang-orang dapat bekerja di rumah, dan melakukan lebih sedikit perjalanan untuk belanja.

2. Memfasilitasi delivery layanan publik dengan harga yang lebih murah, lebih efektif dan kualitas yang lebih baik.

3. Rakyat yang berada di area yang kurang terjangkau dapat menikmati produk dan jasa yang belum tersedia di tempat mereka

0 komentar:


Silakan Bekomentar.!!!


Semakin banyak berkomentar, semakin banyak backlink, semakin cinta Search Engine terhadap blog anda
:a:
:b:
:c:
:1: :2: :3: :4: :5: :6:
:7: :8: :9: :10: :11: :12:

Posting Komentar

sms gratis

Cara Buat Widget Ini

google search

Cari Blog Ini