Mengenal File System FAT (File Allocation Table)

File allocation atable atau FAT adalah list atau daftar dari cluster yang dialokasikan pada sebuah fisk volume dan disimpan pada suatu tempat yant tetap , dengan demikian m ketika booting semua file yang terhubungkan dapatditemukan dengan mudah, setiap entri pada daftar FAT dapat berukuran 12 bit atau 16 bit bergantung pada besarnya disk dan versi DOS atau OS/2 yang dipakai untuk memformat disk tersebut. Sebuah harddisk yang diformat dengan FAT dibagi atas dua unit disebut cluster.

Ukuran cluster bergantung pada besarnya kapasitas yang diformat, pada saat penyimpanan file, teredapat dua buah salinan yang serupa dari FAT ini pada setiap drive untuk menyediakan redudancy check dan untuk melindungi isi FAT tersebutm oleh karena salah satu berfungsi sebagai cadangan , FAT ini disimpan dalam cache memory danmemory itu sendiri sehingga head harddisk tidak perlu dipindahkan ke lokasi FAT apabila suatu file akan dibaca, tabel dibawah ini menyatakan ukuran cluster dan ruang kosong yang terbuan dan yang diperlukan berdasarkan ukuran partisi






Nama file dan direktori di file sistem FAT berbentuk 8 titik 3 (maksimal delapan kareakter sebuah titik dan minimal tiga karakter), semua karakter seallu disimpan dalam huruf besar. Struktur direktori sangat sederana yaitu file diberikan slot pertama yang dapat dipakai, ada delapan atribut dasar pada suatu file yang dapat dipakai untuk menandakanapakan suatau file hanya dapat dibaca (read only), tersembunyi (hidden), sistem atau telah diubah sejak backup yang terakhir (archive).
File sistem FAT digunakan oleh DOS, Windows 3.x dan windows 95 (dalam sebagai besar instalasi). File sistem FAT bisa juga dipakai oleh Windows NT dan OS/2. File sistem FAT digolongak berdsarakan penggunaan dari sebuah allocation table (FAT) dan cluster. File sistem FAT merupakan ini dari file sistem, untuk keamanan, FAT adalah salinan untuk melindungi data dari penghapusan yang tidak sengaja atau perubahan.

Cluster adalah satuan sistem FAT yang terkecil dari penyimpanan data. Satu cluster terdiri atas satu nomor tertentu dari disk sector , catatan-catatan FAT berisi cluster yang dipakai dan tidak terpakai dan file-file diletakan di dalam cluster
File sistem FAT mendukung ukuran partisi sampai dengan 2 GB, tetapi hanya menyediakan maksimal 65.525 cluster. Oleh karena itu, apapun ukuran harddisk atau partisi nomor sector dalam satu cluster haruslah cukup besar. Sehingga semua ruang yang ada dapat dimasuki sampai 65.525 cluster. Pada umumnya, cluster yang besar cenderung lebih banyak membuang tempat dai pada cluster yang kecil. File sistem FAT digunakan juga pada sumber direktori, direktori ini maksimal membolehkan nomor yang masuk dan mungkin terletak pada tempat tertentu pada disk atau partisi. Sistem operasi yang digunakan file sistem FAT menunjukan sumber direktori dengan karakter slash terbalik (\). Bagian awal direktori ini menunjukan boot-up.

Sumber direktori menyimpan informasi tentang subdirektori lain dan file dalam bentu pemasukan direktori tersendiri. Sebagai contoh, sebuah entri direktori file menyimpan informasi, seperti nama file, ukuran file, tanggal, dan tanda waktu yang menunjukan file telah diubah pada waktu sebelumnya, nomor awal cluster (tempat cluster menyimpan bagian utama file), dan perlengkapan file (misalnya tersembunyi, sistem, dan sebagainya)

0 komentar:


Silakan Bekomentar.!!!


Semakin banyak berkomentar, semakin banyak backlink, semakin cinta Search Engine terhadap blog anda
:a:
:b:
:c:
:1: :2: :3: :4: :5: :6:
:7: :8: :9: :10: :11: :12:

Posting Komentar

sms gratis

Cara Buat Widget Ini

google search

Cari Blog Ini